Peduli Lingkungan dan Kesehatan, Akademi Farmasi Surabaya Bagikan Cara Olah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Warna – Warni pada Komunitas Lansia Ketintang Madya

Dibuat oleh admin pada tanggal 04 Desember 2023, 07:05:56

Kelompok Lansia Bahagia Sejahtera di Ketintang Madya RW 4, Kota Surabaya merupakan kelompok lansia yang merupakan pensiunan yang cukup aktif di saat usia produktif mereka sehingga perlu adanya kegiatan dan pelatihan kreativitas tertentu untuk mengisi masa tua mereka agar tetap sehat jasmani dan rohani serta tampil ceria dan semangat. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah melakukan pelatihan yang dapat mengembangkan keterampilan kelompok posyandu lansia tersebut dalam memanfaatkan potensi alam disekitarnya, yaitu minyak jelantah. Minyak jelantah yang umumnya dibuang begitu saja, dapat dimanfaatkan lebih lanjut sebagai bahan pembuatan lilin warna-warni.  Hal ini tentunya memberi manfaat, baik dari segi ekonomi maupun sosial. Dengan meningkatnya keterampilan kelompok lansia tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas di komunitas tersebut.



Cara membuat lilin warna-warni ini menggunakan bahan yang umum digunakan di masyarakat, yaitu minyak jelantah, parafin, crayon atau pewarna, dan sumbu atau benang wol. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Minyak jelantah disaring terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada pengotor didalamnya
  2. Minyak jelantah yang telah disaring lalu ditimbang 100 mL dan dipanaskan
  3. Setelah mendidih, tambahkan parafin dengan perbandingan 1:1
  4. Aduk hingga parafin larut sempurna dalam minyak jelantah
  5. Masukkan crayon yang telah diserut terlebih dahulu, aduk lagi hingga larut
  6. Tuang campuran tersebut ke dalam wadah yang telah diberi sumbu atau benang wol di tengahnya
  7. Tunggu hingga dingin dan lilin pun siap digunakan

Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan pada lansia dalam pengolahan minyak goreng jelantah menjadi produk rumah tangga yang ramah lingkungan seperti lilin warna warni. Langkah ini pun juga diharapkan dapat mengurangi limbah jelantah yang dibuang ke lingkungan. Selain itu, secara tidak langsung akan mengurangi pengeluaran masyarakat karena lilin yang dihasilkan dapat digunakan sebagai penerangan, artinya masyarakat dapat memanfaatkan hasil secara pribadi. Jika masyarakat memproduksi lilin ini untuk didistribusikan, tentu saja akan menguntungkan dan akan menjadi sumber pendapatan untuk masyarakat.

 

Penulis : Vika Ayu Devianti, M.Si; Djamilah Arifiyana, M.Si.; dan Cicik Herlina Yulianti, S.T., M.Si.