Cegah Bahaya Kolesterol pada Lansia, Akademi Farmasi Surabaya Bagikan Resep Minuman Herbal Kunyit, Jahe dan Sereh melalui Pengabdian kepada Masyarakat (PKM)

Dibuat oleh admin pada tanggal 24 September 2023, 22:45:10

Kolestrol adalah zat alami yang diproduksi sendiri oleh tubuh dengan jumlah yang tepat. Namun dapat meningkat jumlahnya pada asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, seperti : daging kambing, usus ayam, gajih sapi, dll. Kondisi dimana kadar lemak dalam tubuh meningkat dapat menyebabkan suatu penyakit yang disebut dengan hiperlipidemia atau penyakit hiperkolesterol dan apabila kadar kolesterol semakin tinggi maka dapat memicu hipertensi serta penyumbatan pembuluh darah otak dan jantung. Pola makan yang cenderung gemar mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, gemuk (obesitas), dan perokok dapat meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Beberapa bahan herbal memiliki senyawa yang berkhasiat antioksidan sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Bahan - bahan herbal tersebut sangat yang mudah didapat dan ditemui di dapur masyarakat umum yaitu jahe, kunyit dan sereh.

Akademi Farmasi Surabaya yang merupakan penyelenggara pendidikan D3 Farmasi di Surabaya, melaksanakan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa aktif dengan tema “Penyuluhan Tentang Bahaya Kolesterol Serta Pemanfaatan Herba Kunyit, Jahe dan Sereh Untuk Kesehatan”. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung di Balai RW Ketintang Wiyata dengan peserta warga lansia disekitar lokasi tersebut berjumlah 36 orang. 

 Pemaparan materi pertama yaitu tentang kolesterol disampaikan oleh Ibu Hilya Nur Imtihani, M.Farm., Apt. sebagai ketua pelaksana, materi kedua oleh Ibu Fitria Abbas Thalib, M.Farm., Apt., yaitu penyuluhan tentang manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, dan pembuatan minuman hangat/wedang dari campuran sereh, kunyit, jahe, jeruk nipis, dan gula merah oleh  Ibu Eliza Stephani R., M.Farm., Apt.

 Kegiatan selanjutnya, pelayanan pemeriksaan gratis kolesterol/ gula darah, tekanan darah dan konsultasi kepada peserta lansia, serta dalam mendukung materi yang kami sampaikan terkait bahaya dan pencegahan kolesterol, maka kami memberikan konsumsi berupa minuman hangat herbal dan juga umbi-umbian yang direbus seperti ubi, edamame, jagung, dan pisang kepok.

Pelaksanan kegiatan pengabdian masyarakat bertemakan “Penyuluhan Tentang Bahaya Kolesterol Serta Pemanfaatan Herba Kunyit, Jahe dan Sereh Untuk Kesehatan” membuat peserta sangat antusias materi yang disampaikan yaitu dengan beberapa pertanyaan yang diberikan kepada pemateri serta sangat mengapresiasi minuman kesehatan yang diberikan kepada peserta.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Akademi Farmasi Surabaya yang telah memberikan dukungan secara finansial terhadap kelangsungan kegiatan beserta Ibu - Ibu Dosen selaku pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat (PKM).


Penulis : Ibu Hilya Nur Imtihani, M.Farm., Apt., Ibu Fitria Abbas Thalib, M.Farm., Apt., Ibu Eliza Stephani R., M.Farm., Apt. dan Mahasiswa Akademi Farmasi Surabaya (Nimas Ajeng Isbandyah Kelas B2-2020)