Disable Preloader

PERKUAT SISTEM IMUN DENGAN MINUMAN FUNGSIONAL DARI HERBAL

PERKUAT SISTEM IMUN DENGAN MINUMAN FUNGSIONAL DARI HERBAL

PERKUAT SISTEM IMUN DENGAN MINUMAN FUNGSIONAL DARI HERBAL

AKADEMI FARMASI SURABAYA - WORKSHOP dan PENYULUHAN KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT: PERKUAT SISTEM IMUN DENGAN MINUMAN FUNGSIONAL DARI HERBAL di KEBONSARI GANG 6 JAWA TIMUR. Bapak Umarudin bersama Ibu Meyke Herina Safitri dan Bapak Syukrianto, serta mahasiswa AKFAR Surabaya mengadakan workshop dan Penyuluhan di kebonsari gang 6 Jawa Timur. Acara tersebut diikuti oleh masyarakat ibu-ibu PKK, lansia, dan pemuda taruna perwakilan baik secara offline dan online. Kegiatan yang dilakukan tentang memperkuat sistem imun, dengan minuman fungsional dari herbal di masa pandemi Covid 19. Virus korona merupakan penyebab coronavirus disease (COVID19) yang saat ini telah menjadi pandemi dan menajdi permasalahan kesehatan dunia, seperti Provinsi Jawa Timur jumlah kasus positif Covid-19 nomor urut dua setelah DKI jakarta, berbagai upaya pemerintah telah dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan dan berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat yang didukung oleh pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus COVID-19 ini, antara lain dengan cara hidup yang higienis, jaga jarak, menggunakan masker, sering cuci tangan menggunakan sabun atau desinfektan. Selain itu upaya peningkatan daya tahan tubuh juga menjadi salah satu cara mencegah tertularnya virus corona tersebut. Daya tahan atau imunitas tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan dengan memanfaatkan ramuan herbal. Didukung oleh Indonesia salah negara biodiversity yang kaya akan tanaman obat, namun masyarakat belum banyak memahami informasi tanaman yang berpotensi khasiat untuk peningkatan sistem Imun. 

Bapak Umarudin dan Ibu Meyke Herina Safitri mengatakan bahwa tanaman jahe, kunyit, dan temuwalak dapat meningkatkan sistem imunitas sudah dari nenek moyang dan kajian ilmiah pun sudah ada yang neliti dapat meningkatkan sistem imun. Hasil riset baik hewan coba dan manusia telah banyak dilakukan dan terbukti kandungan zat aktif yang ada pada tanaman tersebut memiliki aktfitas sebagai obat. Salah satunya pada jahe terdapat kandungan gingerol, shogaol, dan zingerol memiliki sifat sebagai antioksidan. Studi insilico (molecular docking) bahwa senyawa dalam jahe merah memiliki kemampuan untuk menghambat infeksi dari virus termasuk virus SARSCoV-2. Ar-curcumene, gingerol, geraniol, shagaol, zingiberene, gingerenone, zingiberenol merupakan komponen biokatif dalam jahe merah yang dapat dijadikan ligan yang akan mengintervensi ikatan antara S protein pada virus dengan ACE2 reseptor pada sel manusia (Das et al, 2020; Dhanasekaran & Pradeep, 2020; Ahkam et al, 2020; Rajapaksa et al, 2020).

pengmas2021-2

Acara ini juga disajikan dengan pembuatan minuma fungsional herbal untuk perkuat sistem imun dimasa pandemic dengan komposisi yang diperagakan oleh semua peserta yaitu pembuatan produk instan dengan komposisi jahe, kunyit, kencur, sereh, keningar, pala, cengkeh, asam, gula jawa, gula, air, garam secukupnya. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memperoleh informasi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh yang merupakan salah satu upaya mencegah penularan COVID19 yang semakin meningkat dan kami pun menawarkan kepada masyarakat kebonsari gag 6 untuk putra dan putrinya untuk kuliah di AKFAR Surabaya dengan kampus yang memiliki banyak prestasi dan pegawai yang professional untuk mengantarkan anak ke masa depan lebih baik. 

Tags: covid19, pandemi, kesehatan